Rabu, 21 Desember 2011

EVOLUSI DAN GARIS WAKTU (evolution with the chronologist on time)

EVOLUSI SERTA GARIS WAKTU.

                Evolusi adalah suatu materi biologi yang menyatakan tentang perubahan mulai fisik, minded, dan  semua yang berhubungan dengan fungsii organologis. Evolusi berkaitan erat denganberbagai makhluk di alam.
                Eolusi memiliki garis waktu seperti yang dikatakan dalam bukunya Darwin : " On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or The Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life (biasanya disingkat menjadi The Origin of Species, 1859). Garis Waktu ternyata memiliki keterkaitan yang dianggap memilki satu titik hubungan antara fisika klasik, biologi superklasik, serta kimia klasik. Banyaknya keterkaitan terhadap garis waktu tersebut membuat banyaknya paham yang diperdebatkan, karena garis waktu tersebut memiliki batas-batas titik yang belum tentu sempurna dan berubah tiap dekade atau tahunan.
                Mulai abad ke-18, mulailah muncul berbagai paham evolusi . Ada yang berupa Evolusi Darwin, Evolusi Jean Baptiste de Lanmarck, hingga evolusi Urey and Miller. Namun, pada akhir-akhir ini ada teori evolusi yang muncul  yaitu teori Intelegensi Cerdas yang dinyatakan oleh Harun Yahya. Ilmuwan terkenal dari Negara bagian timur yang lahir pada tahun 1959. Teori evolusi Intelegensi Cerdas ini sangat masuk akal serta tidak mengandung kebohongan sama sekali karena telah terkandung pengungkapan dari Kitab Al-Qur’an.
                Namun adakalanya kita berhak mengetahui pedoman evolusi Darwin terhadap garis waktu periode kehidupan.
  1. Garis Waktu Evolusi Darwin. (Darwinism Chronologist on time)
Kita langsung saja menyajuk contoh yang bersumber di depan kita sendiri, yaitu bakteri.
200 milyar tahun yang lalu, bumu masih dalam bentuk gelombang cairan panas. Hanya ada bakteri termofilik yang hidupdalam lahar panas. Namun seiring membekunya lahar, nakteri termofilik yang tak dapat hidup di tempat yang dingin, maka berevolusi secara bertahap. Namun tahap pertamanya adalah genetic (DNA). Perubahan suhu mengakibatkan perubahan gen secara induksi. Mengakibatkan keturunan selalu beradaptasi serta mewarisi genetic-genetik dari nenek moyangnya. Akhirnya finalnya di zaman es, telah terbentuknya bakteri yang sangat berbeda secara genetic. Serta telah ditemukan plasmid bakteri sebagai DNA Aktif , terorganisir, namun berperan penting dalam kehidupannya dan manusia.




Pertanyaan dan soal Uji Evaluasi.
1.       Apa maksud lingkaran terhadap grafik ke-3 (evolusi fungsi kegunaan plasmid serta DNA)?
Jawab : grafik tersebut menjelaskan bahwa pada dahulu plasmid tiada di dalam bakteri. DNA-nya pun masih klasik dalam susunannya(prioritas RNA yang masih berevolusi). Dengan pengaruh waktu, maka plasmid terbentuk dengan kondisi dari masa peralihan panas ke masa peralihan dingin.  Akhirnya pada masa pleistosen, sebenarnya plasmid telah dapat digunakan. Fungsi lingkaran untuk membelokkan garis waktu Darwin yang menyatakan : “ bahwa plasmid bakteri dapat bermanfaat untuk masake depan”. Namun dengan adanya penemuan pada tahun  1990, bahwa plasmid bakteri yang merugikan (seperti Candida, sp. ) jika diinjeksikan ke tubuh manusia/hewan dapat mengakibatkan penyakit/kematian.
Dengan adanya lingkaran menandakan juga bahwa plasmid bakteri berevolusi menjadi dua bagian yang sama namun mempunyai evolusi fungsi yang berbeda karena pengaruh lingkungan.

2.       Apa maksud grafik evolusi genetika?
Jawab: grafik evolusi genetika menyatakan bahwa  pada masa pembentukan bumi, genetika terevolusi atau terbentuk secara murni dengan kode genetik “ AAAAAAGGGGGGGTTTTGCGCGCGCGCHHHHH” H berfungsi sebagai penjaga gen pengatur panas.  Seiring berjalannya waktu yang berada pada bumi sesuai dengan pendinginan bumi, maka evolusi terhadap gen semakin meningkat. Menjadi sensitive terhadap dingin.
Karena suhu bumi makin menurun, maka evolusi juga menurun dengan syarat telah terbentuk gen yang dapat bersesuaian dengan lingkungan yang dingin. Ini menyebabkan bakteri juga dapat berekspresi di lingkungan dingin. Inilah yang mendasari bakteri yang ditemukan di antartika : Pseudomonas extremaustralis. bakteri ini juga ditemukan pada Kessington garden, Cambridge, ketika musim dingin tahun 2010, setelah badai dari kutub Utara.

3.       Fungsi Grafik nomor satu! :
Jawab: menjelaskan adanya pengaruh gen yang telah berubah/berevolusi terhadap suhu.Umumnya,  Bakteri sekarang sangat sensitif terhadap panas/air panas. Sehingga menyebabkan kematian pada bakteri tersebut. Namun ada juga yang langsung berevolusi menjadi bakteri tahan panas dan dingin setelah dipindahkan dari medium es batu atau air suling ke air mendidih bercampur HCl.  Ada juga yang sensitive terhadap air panas, namun tidak langsung mati dan mengubah gen-nya sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang sebentar atau lama, asalkan medium yang ditempati masih ada serta tidak bercampur dengan medium lain.

Semoga bermanfaat…..
Pesan dariku :
Jadikanlah ilmu yang kamu sukai sebagai tongkat serta langit yang dapat membuat hidupmu bahagia tanpa paksaan.
 Jadikanlah ia sebagai pensil dalam menulis harapan serta cita-cita yang masih diinginkan.
Jadikanlah ia sebotol tinta yang tidak pernah habis untuk digunakan menulis. Menulis cita-cita yang telah fine di hati, tidak masih berharap dan berangan-angan.
Jadikanlah ia otak unggulan ketika kamu mempelajarinya, memahami, serta mengaplikasikannya dalam kehidupanmu .
Aplikasikanlah alam hidupmu, ajarkan, serta manfaatkan baik-baik dalam kehidupanmu serta kehidupan orang lain.
Karena itu merupakan titipan Tuhan, serta jangan lupakan pemegang otakmu adalah Tuhan yang menjaga otakmu dengan garis benang merah yang entah itu kapan, akan dilepaskan benang itu dengan guntingan tajam dari otakmu.
Be the Best and Change your life to better life with the light for go to the lightness.


                                                                                                                                           



Kreind Agasta

1920






Tidak ada komentar:

Posting Komentar